Sepenggal Cerita "Chapter 14 - Into The Future" dalam Pokemon Mystery Dungeon: Explorers of Time & E

Di masa depan yang gelap, tak bernyawa dan penuh akan kehancuran, Dusknoir memberi tahu tuannya, Dialga, dia berhasil menangkapnya. Dusknoir kemudian menyatakan "Mereka yang berusaha mengubah jalannya sejarah harus disingkirkan dari sejarah" dan bersiap untuk melihat melalui perintah Dialga berikutnya.
Pemain dan Partner terbangun di ruang bawah tanah, tanpa tahu di mana mereka berada. Partner ingat Dusknoir meraih mereka dan membawa mereka melalui lubang dimensi dan menyadari keduanya ada di masa depan. Tiba-tiba, sekelompok empat Sableye memasuki ruangan, mengikat keduanya, menutup matanya, dan membawanya pergi. Keduanya tidak ditutup matanya dan menemukan bahwa mereka telah diikat pada pos di sebelah Grovyle. Grovyle mengungkapkan mereka dalam benteng ... dan akan dieksekusi! Partner bingung mengapa mereka dan Pemain dieksekusi bersama dengan Grovyle. Sekelompok penuh Six Sableye masuk dan Grovyle mengungkapkan bahwa mereka adalah sipir dan antek Dusknoir. Dusknoir masuk dan mengabaikan kata-kata Partner dengan memerintahkan eksekusi. Partner terkejut Dusknoir akan memerintahkan eksekusi mereka, tetapi Grovyle membungkam mereka dan diam-diam membuat rencana untuk melarikan diri. Grovyle memberi tahu keduanya bahwa Sableye menyerang dengan cakar mereka, dan serangan itu bisa mematahkan ikatan mereka. Ketika itu terjadi, tiga akan menyerang dengan serangan saat mereka bisa bergerak dan melarikan diri.
Serangan serangan Sableye dengan Fury Swipes, tetapi tiga menahan serangan sampai tali terputus dan mereka mengimplementasikan rencana Grovyle. Ketiganya menyetrum Sableye dengan serangan mendadak mereka dan Grovyle menggunakan Luminous Orb untuk membuat kilatan menyilaukan agar ketiganya menghilang. Dusknoir dan Sableye meninggalkan benteng untuk mengejar ketiganya, tanpa sadar mereka disembunyikan di bawah tanah dengan Grovyle"s Dig. Ketiganya lolos dari benteng sebelum Dusknoir dapat menemukan trik mereka.
Ketiganya berlari secepat yang mereka bisa untuk melarikan diri dari benteng dan Partner bertanya kepada Grovyle apakah ada jalan kembali ke masa lalu, tetapi Grovyle mengesampingkan pertanyaan itu sampai mereka bisa mencapai jarak yang aman. Mereka melarikan diri dari benteng dan berhasil keluar di mana Pemain dan Partner menemukan keadaan dunia. Sebelum mereka dapat sepenuhnya menghadapi masa depan yang gelap, ketiganya mendengar Sableye datang dan dipaksa untuk terus berlari. Setelah lebih banyak berlari, Partner perlu istirahat dan kelompok beristirahat di ceruk alami. Grovyle menjelaskan sisanya harus cepat sebelum mereka bergerak lagi, tetapi Partner menolak untuk terus bepergian dengan Grovyle, tidak mempercayainya. Grovyle menunjukkan bahwa Dusknoir bukanlah orang yang dapat dipercaya, mengingat peristiwa benteng, tetapi Partner masih merasa sulit untuk mempercayainya.