Hal yang Harus Kita Pertimbangkan Memilih Bermain Game PC atau Konsol

Diantara kita tentunya memiliki preferensi masing-masing atas perangkat gaming yang disukai. Biasanya game PC maupun konsol menjadi opsi terbaik untuk kita pilihan.

Bagi kamu yang ingin memiliki platform gaming, namun masih labil dalam memilih jenis mana yang sekiranya cocok dengan keinginan kita baik itu PC gameing maupun konsol - mengingat game PC maupun konsol memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing sehingga membuatkan pertimbangan yang cukup tepat untuk memilihnya.

Hal seperti beberapa game konsol eksklusif hanya dapat dimainkan pada konsol tertentu saja atau game PC yang mampu menghadirkan kualitas visual terbaik, menjadi pertimbangan tersendiri bagi kita. Nah, biar kamu nggak bingung untuk memilih kedua perangkat tersebut. Yuk kita simak ulasan berikut sebagai pertimbangan sebelum memilih di antara keduanya.

Menentukan Gaya bermain
Pertimbangan awal yang dapat menjadi referensi kamu ialah mengetahui gaya permainan yang kita gemari. Pada konteks ini, kita yang cenderung menyukai gaya permainan menggunakan stik atau keyboard dan mouse, menjadi perhitungan pertama kita. Walaupun sejatinya PC juga memungkinkan kita untuk menggunakan stik.

Selain itu, terdapat beragam game yang dirancang untuk kita mainkan melalui PC yakni first person shooter atau FPS. Di mana, gaya permainan ini menyajikan mekanisme gaming lebih adaptif dengan mengandalkan mouse serta keyboard, sehingga kita tentunya mampu menggerakkan karakter yang digunakan secara lebih luwes dan simpel.

Sedangkan game konsol, menjadi opsi terbaik jika kamu ingin bermain game bersama keluarga di rumah dengan menggunakan sistem home theater dan TV yang besar. Untuk itu, cukup penting menentukan gaya permainan sebelum memutuskan memilih PC gameing dengan game konsol.

Perawatan dan Biaya Tambahan
Pertimbangan selanjutnya yang harus kita perhatikan ialah perawatan hingga biaya tambahan. Pada konteks ini, game konsol lebih diunggulkan sebab kita tidak perlu repot-repot merawat perangkat sebab dapat dilakukan dengan mudah dan praktis dibandingkan PC. Asalkan konsol ini, tidak terkena cairan sehingga memungkinkan tahan hingga bertahun-tahun. Terlebih lagi perangkat lunak dan keras pada konsol dirancang memenuhi kebutuhan penggunaan selama 5 sampai 7 tahun lebih. Sedangkanntu PC, cenderung membutuhkan perhatian lebih sehingga perangkat dapat berjalan secara optimal.

Di mana, elemen yang ada di dalam perangkat harus bekerja secara mumpuni. Jika tidak, maka kemungkinan mengalami crash atau bahkan eror. Mengingat, banyaknya program serta software yang berjalan berjalan di balik layar sehingga tidak menutup kemungkinan akan adanya biaya tambahan yang harus dikeluarkan dalam perawatannya.

Anggaran untuk Membeli
Tentu telah kita ketahui jika game konsol maupun PC membutuhkan game agar mampu beroperasi, baik berupa blue ray disc maupun versi digitalnya. Di mana, game tersebut mampu dibeli dengan harga yang beragam tergantung jenis game yang ditawarkan. Namun, pada umumnya game terbaru ini dapat dimainkan melalui konsol terkini yang dibanderol dengan harga mahal.

Untuk konsol seperti PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X biasanya akan dibanderol dengan kisaran harga 300 ribu hingga jutaan rupiah. Sedangkan bagi perangkat PC sendiri menjadi keunggulan tersendiri sebab sejumlah judul game PC akan lebih murah. Di mana, kiya dapat membelinya melalui Steam, Origin, hingga Microsoft Store dengan harga di kisaran Rp50 sampai Rp700 ribu.

Nah itulah, beragam hal yang harus kita pertimbangkan memilih bermain game PC atau Konsol. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu ya.